Selasa, 04 November 2008


HIDUP - KESERDAHANAAN YANG CANTIK

Seorang putri yang cantik adalah sebuah kebetulan alam,
tetapi sebuah kehidupan yang cantikadalah hasil dari sebuahkepemimpinan diri.

Terbalik dengan perilaku kebanyakan orang yang merasa harus memiliki banyak untuk menjadi lengkap; kesempurnaan yang indah dicapai bukan karena kita tidak bisa menambahkan lagi, tetapi karena kita tidak bisa mengurangi lagi.
Sederhanalah, tetapi pastikan bahwadampak Anda tidak sederhana.
Tidak ada apa pun yang bisa disebut hebat, bila hebat dampaknya. Mohon Anda ingat bahwa di puncak semua kesempurnaan, terletak sebuah kesederhanaan. Beliau yang Mahasempurna itu sangat sederhana cara-cara-Nya, tetapi tidak sederhana dampaknya.
Musik yang paling indah adalah musikyang terjadi sekarang.
Banyak orang tidak menyanyikan lagu saat yang tepat untuk menyanyi. Dia mensyaratkan keadaan yang sebaik-baiknya untuk mulai menyanyi. Tetapi, seperti banyak rekannya yang lain, akhirnya dia meninggalkan hidup ini dengan lagu yang belum sempat dinyanyikannya.
Sayang padahal … Padahal bila dia mau duduk tenang sebentar, dia akan melihat banyak orang yang sedang memimpin konser hidup yang meriah; bukan karena menyanyikan lagu yang sempurna, tetapi karena dengan berani dan suka cita menyanyikan lagu apa pun yang terjadi saat dia ingin menyanyi.

Jalan menuju keindahan adalah keindahan.
“Bagaimana mungkinengkau mencapai keindahan,bila cara-caramu tidak indah?”
Kahlil Gibran
Untuk mencapai kualitas pribadi yang memungkinkan tercapainya kualitas hidup yang baik, kita tidak harus mengganti diri kita dengan sebuah badan baru yang lebih baik.
Apa pun cara yang tua dalam alam ini—selama cara-cara yang digunakan atasnya baru, kita bisa mengharapkan untuk melihat hasil yang baru. Sebaliknya, siapa pun tidak akan bisa menjadi pribadi yang baru, bila cara-caranya tetap lama.
Maka, perbaruilah cara-cara Anda.
Perhatikanlah apa saja yang mengisibejana Anda.
Kita ini adalah sekumpulan bejana yang sedang diisi; ada yang diisi dengan deras dan ada yang dengan tetesan yang tidak teratur. Dan menjelang penuhnya sebuah bejana, dia akan menolak masukan-masukan lain, walaupun masukan-masukan baru itu lebih jernih dan lebih harum dari apa pun yang telah mengisinya; dengan alasan ‘sudah penuh’.
Padahal ..., asal penuh dan penuh keindahan adalah dua hal yang cepat dilihat bedanya oleh orang lain. Bejana kristal yang cemerlang karena berusaha tidak berwarna, dan mengijinkan hanya yang terang untuk menjadi pengisinya; dan akan diletakkan oleh orang lain di tempat-tempat yang indah dan mencerahkan.
Sedangkan cawan-cawan yang kotor, tidak akan merasa nyaman dengan sari-sari kemuliaan langit yang bertentangan dengan hal-hal buruk dari yang biasa yang dijadikannya sebagai pengisi hati dan pengisi perut.
Kata “tidak” adalah sebuah keindahanyang sederhana.
Sebuah hidup bisa diubah dengan cepat, dengan kuat, dan langsung berdampak; hanya dengan menjadikan diri ini tegas mengatakan “tidak” kepada hal-hal yang tidak berguna, yang memboroskan waktu, dan yang tidak meninggikan orang lain.
Semua orang yang telah menerima kebaikan sebagai jalan hidup, sangat mengerti bahwa mengatakan “Ya” adalah bagian termudah dari sebuah keimanan; tetapi mengatakan “tidak” kepada yang menjadikan kita orang tidak baik—adalah warna peperangan sepanjang hidup.
Solusi yang baik, selalu cantik. Hanyaorang yang takut dirugikan olehnyayang akan mencelanya.
Kebijakan telah menasihatkan, bahwa bila Anda sedang merakit solusi bagi sebuah masalah, janganlah memikirkan bagaimana cantiknya solusi Anda nanti. Tetapi bila Anda selesai merancang solusi, dan solusi Anda itu tidak cantik, maka mungkin bukan itu solusinya.
Dan bila sebuah solusi yang cantik dan berharapan baik untuk menghasilkan kebaikan itu, ditolak oleh seseorang; maka orang itulah yang paling membutuhkan perbaikan.
Lawan dari sebuah pernyataan yang salah adalah sebuah pernyataan yang benar.
Tetapi lawan dari sebuah kesederhaan yang cantik adalah sebuah kesederhaan cantik yang lain.

Tidak ada komentar: